KODE IKLAN DFP 1 5 Tips Memilih Domain Yang Bagus Untuk Blog | Akbar Pedia

5 Tips Memilih Domain Yang Bagus Untuk Blog

KODE IKLAN A 300 x 250
KODE IKLAN B 336 x 280
5 Tips Memilih Domain Yang Bagus Untuk Blog

Tips Memilih Domain Yang Bagus - Domain menjadi salah satu elemen paling di butuhkan dalam sebuah blog. Domain berguna sebagai alamat sebuah situs yang ada di internet.

Setiap situs di internet pasti memiliki domain. Bagi kamu yang belum tau apa itu domain, silahkan baca artikel mengenal domain dan hosting untuk pemula.

Pemilihan nama domain yang bagus dan seo sangat penting untuk kamu lakukan sebelum membangun sebuah blog dengan berbagai macam tujuan.

Baik dalam membangun blog pribadi, membangun blog bisnis, membangun blog toko online ataupun blog lainnya, kamu wajib memilih nama domain yang bagus.

Dalam pemilihan nama domain sangat berpengaruh untuk kemajuan blog kamu kedepan nanti. Apabila kamu salah dalam memilih domain, hal ini tidak baik untuk masa depan blog kamu.

Lantas bagaimana cara memilih domain yang baik untuk blog ?

Berikut telah saya sajikan beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan dalam memilih domain untuk blog kamu. Silahkan baca sampai habis.

1. Gunakan Ekstensi Domain Umum


Mungkin bagi sebagian blogger ini tidak terlalu penting. Namun bagi saya pemilihan ekstensi domain sangat penting untuk kamu pertimbangkan.

Coba kamu bayangkan, saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai ratusan juta pengguna. 90% dari mereka adalah orang yang awam tentang domain.

Orang yang awam tentang domain kebanyakan hanya mengenal domain dengan ekstensi umum saja seperti .com .net .org .info .id dan beberapa ekstensi umum lainnya.

Hal ini perlu untuk kamu perhatikan supaya pengguna internet tersebut bisa mengingat domain blog kamu. Jangan gunakan domain dengan ekstensi yang asing di mata mereka.

Yang saya maksud dengan domain asing di mata mereka seperti .bid .red .pink .band .website .site .tech .fun dan beberapa ekstensi lainnya.

Biasanya ekstensi domain dengan jenis ini agak terlalu sulit untuk di ingat oleh para pengguna internet yang masih awam tentang domain. Maka gunakan domain yang umum saja.

Dan jika kamu ingin membuat blog dengan target loka (Indonesia), saya sarankan kamu menggunakan domain .ID seperti blog saya ini biar mudah bersaing di Google.

Namun jika kamu membuat blog dengan target internasional, silahkan kamu gunakan ekstensi .com dan .net saja atau ekstensi umum lainnya.

2. Gunakan Domain Yang Singkat


Masih sama seperti tujuan diatas tadi, penggunaan nama domain yang singkat juga sangat berguna supaya pengunjung bisa mudah mengingat alamat blog kamu.

kamu bisa menggunakan hanya dua kata saja dalam domain. Misalnya seperti domain blog ini akbarmedia.id yang menggunakan dua kata Akbar dan Media.

Tidak hanya itu saja yang harus kamu perhatikan dalam penggunaan domain ini. kamu juga harus menggunakan kata yang mudah untuk di ingat.

Jadi tidak hanya singkat saja ya. Lebih jelasnya, gunakan nama domain yang singkat, jelas dan mudah untuk di ingat. Ini sangat penting untuk kamu perhatikan sebelum membeli domain.

Coba kamu bandingkan kedua domain ini. Akbarmedia.id dan Akbarmhedhiaa.id. Mana yang lebih mudah untuk kamu ingat ? Pasti yang Akbarmedia.id bukan ?

Terkadang saat seorang pengunjung membaca artikel blog kamu, Dia akan mengingat alamat blog kamu jika Dia suka dengan artikel yang kamu bagikan.

Maka dari itu gunakan domain yang mudah untuk di ingat supaya si pengunjung tersebut tidak mudah lupa dengan alamat blog kamu dan akan kembali membuka blog kamu.

Jika kamu tidak menemukan domain yang singkat dengan ekstensi .com silahkan gunakan ekstensi lainnya seperti .net .id dan ekstensi .co juga bisa.

3. Utamakan Brkamuble Domain


Kebanyakan blogger sekarang masih menggunakan EMD (Exact-Match Domain) untuk domain mereka. Tapi bagi saya saat ini brkamuble domain lebih bagus dari pada EMD.

EMD (Exact-Match Domain) adalah domain yang mengandung kata kunci yang ditargetkan.
Brkamuble Domain adalah domain yang lebih mengutamakan brand dari pada kata kunci.

Contoh Exact-Match Domain:

Misalnya kata kunci blog kamu adalah "Resep Masakan", Maka EMD nya seperti berikut.


  • Resepmasakanenak.com
  • Resepmasakansedap.com
  • Resepmasakanterbaru.com
  • Resepmasakanlengkap.com
  • Blogresepmasakan.com
  • Zonaresepmasakan.com
  • dan lainnya.

Contoh Brkamuble Domain:

Berikut contoh domain yang menggunakan nama brand atau merk.

  • Google.com
  • Facebook.com
  • Youtube.com
  • Twitter.com
  • Instagram.com
  • Akbarmedia.id
  • dan lainnya.

Saat ini penggunaan kata kunci dalam domain sudah tidak terlalu berpengaruh terhadap mesin pencari. Lebih bagus jika kamu menggunakan brkamuble domain.

Lagian EMD yang benar-benar tertarget saat ini sudah sangat sulit buat kita dapatkan. Karena domain jenis ini sudah sangat banyak yang menggunakan.

Jika kamu menggunakan brkamuble domain maka kamu akan menemukan banyak sekali pilihan domain sesuai dengan keinginan kamu masing-masing.

4. Hindari Karakter Dalam Domain


Sangat disarankan agar kamu menghindari sebuah karakter dalam domain blog. Misalnya seperti tkamu hubung(-) dan juga nomor (1-9).

Sebenarnya bukan tidak boleh, tapi lebih baik kamu hindari saja. Ini berguna juga untuk seo blog kamu. Banyak para suhu yang menyarankan hal ini.

Jika kamu menggunakan nomor dalam sebuah domain, pengunjung juga bisa salah dalam mengetikkan domain kamu tersebut.

Misalnya jika kamu memiliki domain nama23.com dan ada teman yang tanya, bisa-bisa saat kamu bilang ke teman, mereka malah membuka namaduatiga.com.

Hal ini terjadi karena kebanyakan orang yang awam akan domain tidak tahu bahwa domain bisa menggunakan nomor. Mereka malah menggunakan angka semua.

Begitu juga dengan penggunaan tkamu hubung (-) dalam domain. Silahkan kamu hindari penggunaan tkamu hubung ini jika tidak begitu diperlukan.

Sebaiknya kamu gunakan saja nama domain yang memiliki huruf semua seperti domain blog ini. Bagi saya domain seperti itu lebih bagus dan mudah untuk di ingat.

Namun jika kamu terpaksa untuk menggunakan domain yang memiliki karakter atau memang di sengaja, silahkan kamu gunakan saja juga tidak masalah.

5. Pilh Registrar Domain Yang Tepat


Hal ini juga sangat penting untuk kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli domain. Karena tidak semua registrar domain bisa kita kamulkan.

Saat ini memang sangat banyak regisrar domain yang bertebaran di internet. Dari tiap registrar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Saya sarankan kamu untuk membeli domain dengan harga murah supaya lebih hemat biaya. Saat ini sangat banyak promo domain murah yang bertebaran di internet.

Atau kamu juga bisa mencari promo domain Indonesia biar blog kamu lebih bagus. Seperti blog ini yang juga menggunakan domain Indonesia.

Untuk memilih registrar domain yang bagus, ada dua hal yang harus kamu perhatikan. Yaitu harga domain yang di tawarkan dan support yang mereka berikan.

Usahakan untuk memilih registrar yang bisa memberikan kamu full support 24 jam untuk jaga-jaga apabila domain kamu suatu saat terjadi masalah seperti error.

Saat ini rata-rata harga domain .com adalah 120 ribu per tahun. kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketika sedang berlangsung promo.

Namun jangan hanya melihat harga ketika promo saja. kamu perlu juga perhatikan harga untuk perpanjangan. Biasanya harga promo domain hanya untuk tahun pertama.

Nah itulah 5 tips buat kamu yang ingin membeli domain untuk blog baru atau untuk blog lama kamu. Silahkan kamu pelajari dan terapkan ke domain baru kamu.

0 Response to "5 Tips Memilih Domain Yang Bagus Untuk Blog"

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2